5 Cara Mengatasi Kendala yang Sering Muncul di Printer Epson

By Rizaldi

 

Memiliki sebuah printer canggih dan berkualitas seperti Epson itu memang kerap sekali mempunyai kendalanya tersendiri. Baik itu dari hal yang sangat sederhana seperti lampu indikator yang ada pada printer mati, bahkan sampai tidak sinyal cetak dari komputer sama sekali tidak merespon.

Selain itu, ada juga masalah besar yang sering terjadi yaitu kerusakan sistem pada printer, yang akhirnya membuat Anda tidak bisa memakainya lagi. Tentu hal yang seperti ini yang harus diwaspadai, sebab jika tidak diatasi dengan cara yang sesuai, pastilah akan mendatangkan kerugian. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada printer ini? Berikut penjabarannya.

Atasi Setiap Masalah Printer dengan Ini

1. Tinta Macet yang Akhirnya Memperlambat Kinerja Printer Saat Mencetak

Pada saat akan menyelesaikan pekerjaan yang sudah deadline, maka biasanya Anda akan terburu-buru untuk menyelesaikannya. Akan tetapi bagaimana jika yang terjadi di saat ingin mencetak, tinta dalam printer tidak keluar? Biasanya hal ini terjadi sebab tinta yang ada di dalam macet yang menyebabkan hasil cetakan yang keluar akan terlihat tidak jelas bahkan hanya mengeluarkan kertas kosong.

Jika hal ini terjadi maka untuk mengatasinya, bisa dimulai dengan memperhatikan semua tinta yang ada pada cartridge. Sudahkah Anda mengisinya atau masih dalam keadaan kosong? Dalam hal ini, silakan Anda langsung mengeceknya menggunakan software untuk bisa melihat apakah tinta memang sudah diisi sesuai dengan indikator yang diberikan atau tidak.

2. Penarikan Kertas Secara Berlebihan

Ketika Anda ingin mencetak, maka pada umumnya printer akan menarik kertas satu per satu. Akan tetapi, ada masa dimana printer itu akan menarik kertas lebih dari satu sehingga menjadikan hasil cetakan menjadi tidak pas. Untuk masalah ini ada pada roller penarik kertas yang bisa saja memang sudah rusak atau aus.

Untuk itu sangat disarankan, untuk segera menggantinya ke roller penarik yang baru. Atau bisa dengan cara mengatur lipatannya supaya bisa lebih rapat pada roller tersebut dan lihat hasilnya.

3. Mendeteksi Tinta Kosong

Jika ingin mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan cara me-reset atau restart kembali sistem yang ada pada printer Epson tersebut. Reset ini berfungsi baik untuk mengembalikan sistem bisa kembali ke pengaturan semula.

4. Lampu Indikator Membuat Printer Macet

Biasanya jika permasalahan ini muncul disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian printer dengan gejala, printer melakukan kedipan pada lampu indikator tanpa sebab.

Ini merupakan sebuah peringatan untuk Anda supaya me-reset kembali printer Epson Anda. Dalam hal ini lampu indikator yang berkedip bisa saja menandakan bahwa printer terdeteksi tidak memiliki tinta di dalam cartridge, sehingga Anda bisa melakukan reset. Namun jika masalahnya belum teratasi juga, maka dalam hal ini yang Anda bisa lakukan yaitu dengan memakai tool resetter khusus dari Epson.

5. Notifikasi Penyerap Tinta Sudah Penuh

Biasanya, printer itu terdapat sebuah tempat untuk menyimpan sisa tinta, dimana itu terbuat dari spons yang mampu menyerap dengan baik. Terkadang juga Anda belum banyak memakai printer masalah ini, yang akhirnya membuat Anda berpikir bahwa penampung tersebut sudah penuh dan harus mengganti baru. Namun kenyataannya tidak seperti itu.

Bisa saja ini adalah sebuah kendala yang umumnya muncul karena printer tidak bisa mendeteksi, penuh Waste Ink secara langsung. Oleh sebab itu, untuk mengatasi printer dengan masalah ini bisa dengan bantuan Tool Resetter printer Epson.

Itulah beberapa masalah yang sering muncul dari printer Epson ini. Mungkin ada beberapa masalah lain namun 5 di atas yang sering terjadi. Atasi dengan cara yang benar, maka printer tersebut akan tetap awet hingga waktu yang lama.